Kasus Pilot ‘Gadungan’ Tipu Rekrutmen Pramugari, 4 Orang Rugi Rp 400 Juta

Pilot Gadungan

Empat orang melaporkan kasus penipuan di mana Pilot Gadungan bisa memenuhi syarat menjadi pramugari atau pramugari sebuah maskapai penerbangan. Total kerugian yang dialami keempat korban sebesar Rp400 juta.

Charlie Wijaya, pendamping korban, mengatakan, korban melaporkannya ke Polres Tangerang Kota. Tiga orang dijanjikan pekerjaan sebagai pramugari selama mereka membayar sejumlah uang, sementara satu mobil orang dicuri oleh pilot palsu.

Charlie mengatakan Pilot Gadungan tersebut menggunakan huruf MS dalam penipuannya. korbannya. Belakangan diketahui itu nama samaran.

“Inisial SI, MS nama samaran. Dialah yang berbuat curang. Lalu korban DJ LP ada tiga, lalu ditambah satu orang yang mobilnya dicuri. Total kerugian ketiga orang tersebut adalah 400 juta, termasuk yang mobilnya dicuri, kata Charlie Wijaya saat dihubungi wartawan, Kamis (18/04/2024).

Charlie menjelaskan, setiap korban dihadirkan berbeda-beda. . jumlah SI. Mobil korban sebagian besar disita.

BACA JUGA : Pria Cengkareng yang Tega Bacok Ibu Kandung Jadi Tersangka!

“Kanam beda. Ada yang 20 juta, ada yang seperti itu. Ada yang 90 juta. Kami belum menghitung semua korban meninggal karena yang lain belum melaporkan, jadi kami belum bisa memastikannya. “Jumlahnya empat orang, ada 400 juta, rinciannya 300 juta mobil, 100 juta pramugari,” ucapnya, mobil digelapkan.

”Nah, sebagian besar diperbolehkan jadi pramugari. dan pramugari, membayar sejumlah uang. “Jadi mereka diizinkan mengakses maskapai penerbangan Indonesia,” katanya.

Sebagian uang yang diminta SI dibayarkan melalui transfer bank, ada pula yang dibayarkan langsung ke korban dan dikomunikasikan dengan SI melalui pesan singkat WhatsApp.

“Uangnya ada yang diserahkan, ada yang tunai,” katanya.

“Dia berkomunikasi dengan yang bersangkutan melalui WA. Kami akhirnya bertemu karena korban berangkat ke Jakarta seperti ini. Bahkan formulir lamarannya pun diminta untuk diserahkan ke pusat. Dan disampaikan, begitulah caranya,” lanjutnya.

Korban dari berbagai daerah, Charlie mengatakan korban percaya SI adalah pilot sungguhan karena mirip pilot berseragam lengkap. SI juga mengaku berpangkat kapten .jadi dia bisa mendapatkan akses masuk ke maskapai penerbangan.

“Saya yakin mereka punya koneksi. Kemungkinan lainnya adalah dia berpakaian seperti pilot sehingga para korban mempercayainya. Karena mengaku pangkat kapten, dia juga dari perusahaan itu sehingga bisa membawa orang, itu caranya. Jadi mereka percaya,” jelasnya.

Menurut Charlie, korban Pilot Gadungan itu berasal dari beberapa daerah di Indonesia. Namun, hampir semua transaksi terjadi di Tangerang, Banten.

BACA JUGA : Driver Ojol Ditangkap Hendak Perkosa-Rampok Penumpang

“Kebanyakan dari mereka adalah gadis-gadis dari berbagai daerah. . Satu dari Makassar, satu lagi dari Tangerang. Kemudian gadis itu kembali ke tempat asalnya. “Karena menunggu konfirmasi tidak akan terjadi,” katanya.

Charlie berharap polisi segera menangkap pilot palsu itu agar dia tidak melakukan perbuatannya di tempat lain. Menurutnya, Charlie mendapat laporan bahwa pilot palsu ini adalah pelaku berulang yang pernah melakukan tindakan serupa seperti yang pernah dilakukannya sebelumnya.

“Saya diberitahu bahwa pilot palsu ini adalah pelaku berulang. “Jadi kami berharap, agar Polresta Kota Tangerang segera menangkap tersangka ini, biar lebih banyak lagi korbannya,” ujarnya.

error: Content is protected !!